Senin, 21 September 2015

Berburu Velg Jadul

Komunitas penggemar otomotif retro Jepang era '80an terus mewabah di tanah air. Bahkan tidak menjamin aktivisnya adalah angkatan babeh kita, sebab justru kendaraan dengan desain antik ini dimintasi generasi muda. Banyak alibi yang menyebabkan pehobi di dunia ini demikian getol mengoleksinya, salah satu motifnya adalah faktor nostalgia di masa lalu.

Mendominasi populasi kendaraan roda empat di Indonesia, kita masih bisa melihat mobil-mobil Toyota Corolla generasi KE30, KE70 (Corolla DX) berseliweran di jalan. Toyota Kijang Kotak yang mendapat julukan kijang buaya dan atau kijang doyok juga menjadi salah satu barang koleksi yang kini siap ditebus dengan harga tinggi. Sementara itu mobil retro lain seperti Mitsubishi SL, ataupun Datsun seri 510 ataupun 160 sesekali mewarnai hingar-bingar even-even besar komunitas retro Jepang.

Berbicara tentang restorasi sebuah mobil retro, tidak lengkap tanpa menancapkan velg yang juga berusia lawas. Sehingga tak heran velg-velg dengan desain jadul terus menjadi incaran pemilik mobil-mobil retro tanah air. Harganya tentu saja gelap, yang pasti semakin susah ditemukan harganya bisa melonjak jauh dari logika. Itupun dengan syarat harus bisa menaklukkan hati sang pemilik agar mau menjualnya.

Banyak model velg jadul yang bisa Anda pilih untuk melengkapi nuansa retro pada mobil Anda. Tak jarang pula velg jadul seperti disebutkan tadi digunakan pada mobil-mobil lansiran terbaru. Terutama yang memang mengangkat tema retro pada modifikasinya. Sebelum Anda berniat mengaplikasikan velg retro pada mobil keluaran baru, Anda perlu mengetahui spesifikasi velg-velg retro. Di mobil retro Jepang, kebanyakan memiliki ukuran diameter kecil antara 13" - 15". Lebar tapaknya pun tidak jauh dari ukuran 4" - 5". Kecuali pada beberapa velg lawas versi sport, terutama di dunia reli ukurannya cukup pas jika disandingkan pada beberapa mobil terbaru seperti All New Avanza dll.

Opsi lainnya adalah dengan memanfaatkan velg replika, tentu saja cara ini dengan mudah ANda lakukan karena gerai velg replika sudah bertebaran di mana-mana. Yang perlu Anda ketahui adalah menambah kosa kata model-model velg retro. So, ini dia beberapa penampakan velg-velg retro orisinil yang masil tersisa di abad ini : (*foto-foto diambil dari gerai velg MTR21 Bandung)